Wednesday, February 3, 2021

Afiliasi dan Laporan Pemasaran Online

 A. Afiliasi Pemasaran ( Affiliate Marketing )


a). Definisi

      Afiliasi Pemasaran adalah program antara Merchant / Pengiklan dan Afiliasi. Konsep penjualan ini ditandai dengan komisi berbasis sukses yang dibayar oleh Merchant. Jumlah komisi disepakati antara Merchant dan rekannya. Afiliasi bertanggung jawab atas Afiliasi-Portal dan menjalankan ruang iklan. Afiliasi Pemasaran dapat diimplementasikan online, tetapi juga offline

b). Macam dari Afiliasi Marketing :

1. Pay Per click ( PPC )

   Bayar per klik atau di sebut juga PPC  adalah salah satu strategi dari pemasaran online yang power ful jika kita bandingkan dengan teknik pemasaran yang lain kenapa demikian karena dimana pemasang iklan hanya  membayar jika ada konsumen yang mengklik iklan tersebut.

2. Pay Per Sale ( PPS )

 Pemasaran online model ini kita mendapatkan bayaran apa bila kita dapat menjual suatu barang atau jasa yang di tawarkan oleh salah satu perusahaan. dan sistem pembayarannya dengan sistem bagi hasil dan kita dapat persentase dari barang dan jasa yang kita bantu menjualkannya. Dalam pemasaran online ini kita sebagai resellernya sebagai contoh nya adalah perusahaan amazon.com.

3. Pay Per Lead ( PPL  )

    Pay Per Lead atau ( PPL  ) merupakan program yang akan membayar kita jika kita dapat mengajak orang lain untuk menjadi member dalam situs tersebut. Jadi semakin banyak orang – orang yang akan kita ajak untuk bergabung menjadi member maka semakin banyak juga pendapatani yang akan kita terima.

c). Cara Kerja Affiliate Marketing

   Karena affiliate marketing itu dilakukan dengan cara menjualkan produk barang atau jasa orang lain, maka diperlukan peranan serta tanggung jawab dari masing-masing pihak yang terlibat, terutama penjual dan affiliate-nya. Hal tersebut bertujuan agar strategi marketing yang diterapkan bersama bisa berjalan dengan efektif. Jika diuraikan lagi, dapat kita simpulkan bahwa ada tiga pihak yang terkait dalam proses affiliate marketing, yakni:

1. Penjual dan pembuat produk

2. Affiliate atau pengiklan

3. Konsumen

Maka dari itu, mari simak keterkaitan antara ketiga pihak tersebut sehingga dapat mendukung keberhasilan affiliate marketing.


B. Laporan Pemasaran Online 




Berikut Cara Membuat Laporan Pemasaran Online : 

Bagian 1 :

1.  Mengevaluasi Aktivitas Pemasaran

 a. Pertimbangkan alasan Anda ingin               melakukan riset  pasar dan membuat laporan.

 b. Berusahalah mencari tahu masalah yang pelanggan alami. 

 c. Jelaskan solusi masalah secara mendetail

 d. Tentukan berapa besar efektivitas produk dalam     mengatasi masalah.

 e. Tentukan keunggulan kompetitif produk Anda.

 f. Lakukan evaluasi atas cara Anda memasarkan 

     produk saat ini.

 g. Ukurlah efektivitas pemasaran produk yang Anda 

       lakukan.

 h. Buatlah laporan pemasaran dengan meringkas

       seluruh informasi yang Anda peroleh.

Bagian 2 :

2. Membuat Laporan Ringkasan Kinerja Perusahaan 

a. Ketahui manfaat laporan ringkas kinerja perusahaan

b. Deskripsikan perusahaan Anda

c. Uraikan tujuan riset yang akan Anda lakukan 

d. Lakukan evaluasi untuk menentukan apakah Anda

    sudah berhasil menjangkau audiens yang ditargetkan 

e. Sajikan data konversi pemasaran 

f. Akui jika Anda mengalami kendala saat mengumpulkan 

   data

Bagian 3 :

3.  Menyimpan Laporan Pemasaran

a. Buatlah perkiraan tren

b. Hitunglah rasio keuntungan terhadap modal

c. Lakukan survei lalu olahlah hasilnya

d. Mamfaatkan laporan pemasaran sebagai dasar untuk melakukan perubahan kegiatan bisnis 


1 comment:

Sejarah Afiliasi Pemasaran

Sejarah Afiliasi Awal Mula Afiliasi – Tahun 1994 Pada tahun 1994, CDNow merilis BuyWeb. Pada saat itu CDNow mengajak website lain untuk berg...