Tuesday, September 1, 2020

ARTIKEL TENTANG IKLAN ONLINE

IKLAN ONLINE





A. Definisi Iklan Online

          Iklan online adalah metode periklanan dengan memggunakan media internet dan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran untuk menarik pelanggan

1. Tujuan Iklan Online 
a. menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta menfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
b. membangun kesadaran (Awareness) merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek atau produk merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar.
c. menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen. terdapat 3 langkah dalam menciptakan permintaan konsumen yaitu: menginformasikan, membujuk, mengingatkan.
d. mempersuasi ( membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan semua bentuk pemasaran online perlu diarahkan untuk target penjualan jangka panjang.
e. membangun loyalitas konsumen. setelah konsumen menyadari dan membutuhkan suatu produk, maka mereka perlu tahu bagaimana cara memenuhi keinginan atau kebutuhan tersebut. pada titik ini penting bagi pemasar untuk menunjukan kepada konsumen bagaimana merek tertentu atau produk terbaik akan memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Keuntungan dalam Memilih Iklan Online 
a. Biaya Lebih Efisien
Iklan online terbukti lebih hemat biaya daripada iklan konvensional, seperti iklan surat kabar, iklan televisi, baliho, billboard dan lain sebagainya. Efisiensi anggaran ini tentunya sangat menguntungkan bisnis Anda, karena iklan bisa lebih sesuai dengan target yang diinginkan.
c. Format Iklan Online Sangat Beragam
Anda bisa membuat format iklan online sesuai kebutuhan dan keinginan. Karena jumlah format iklan sangat beragam. Iklan bisa ditayangkan dalam bentuk teks, gambar, video atau gabungan dari berbagai format tersebut.  Semakin menarik iklannya,  maka akan tercipta konversi penjualan yang besar.
d. Iklan Online Lebih Cepat
Iklan online lebih cepat dan mudah saat akan dipasang. Iklan online terbukti sangat hemat waktu, sangat berbeda bila dibandingkan dengan berbagai iklan konvensional yang sebelumnya sangat diandalkan untuk promosi dan marketing.
e. Jangkauan Iklan Online Luas
Jangkauan dari iklan online tidak terbatas untuk lokal saja, namun bisa juga menjangkau pasar global. Hal ini karena orang diseluruh dunia sudah bisa mengakses internet. Dengan jangkauan yang luas ini, maka pelanggan setia Anda bisa berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

3. Jenis-Jenis Iklan Online
a. Direct Advertising (Sponsorship)
Direct advertising adalah iklan yang disematkan pada media online seperti website. Pengiklan dan pemilik media melakukan hubungan secara langsung untuk bekerjasama.
Saat pengiklan ingin mempromosikan barang dagangannya, mereka mencari website yang sudah memiliki trafik dan sesuai dengan produk yang ingin mereka tawarkan.
b. Self-service Advertising
Dengan hal ini, pengunjung yang datang menjadi lebih tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Keunggulan Self-service Advertising tentu saja karena pengiklan bisa lebih leluasa dalam mengendalikan aktivitas promosi dan biayanya yang dikeluarkan lebih terjangkau.
c. Contextual Advertising
Iklan kontekstual adalah bentuk iklan bertarget untuk iklan yang muncul di situs web atau media lain, seperti konten yang ditampilkan di browser seluler. Iklan itu sendiri dipilih dan dilayani oleh sistem otomatis berdasarkan konteks apa yang dilihat pengguna.
d.Social Media Marketing
Dengan pengguna aktif yang sangat banyak, media sosial menjadi sarana promosi yang sangat bagus.
Di media sosial, pengiklan bisa memanfaatkan sisi emosional audiens untuk membeli produk yang ditawarkan.
Produk di kategori fashion, kecantikan, kuliner, dan produk digital terbukti sangat laris saat diiklankan di media sosial.
Media sosial sendiri ada banyak platform, yang busa kita pilih. 
e. Forum Advertising
Forum Advertising adalah jenis iklan online yang mengandalkan forum sebagai media perantaranya. Contoh forum advertising yaitu FJB Kaskus, Ads.id dan OLX.


No comments:

Post a Comment

Sejarah Afiliasi Pemasaran

Sejarah Afiliasi Awal Mula Afiliasi – Tahun 1994 Pada tahun 1994, CDNow merilis BuyWeb. Pada saat itu CDNow mengajak website lain untuk berg...