Friday, October 30, 2020

STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE

Strategi Pemasaran dalam E-Commerce



         Strategi pemasaran dalam e-Commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konvensional yaitu pengambilan keputusan-keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
a. Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi ke dalam empat jenis yaitu:
1) Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai. 
2) Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
3) Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada. 
4) Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru

b. Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan 
1) Keaslian lalu-lintas informasi
Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs anda dari hasil pencarian yang sesungguhnya. Sejumlah besar lalu lintas datang ke website secara langsung melalui mesin pencari. Namun, langkah itu tidak mudah karena memerlukan teknik optimalisasi pencarian untuk pada website, Anda harus dioptimalkan dengan baik untuk pengguna maupun mesin pencari untuk mendapatkan peringkat teratas untuk kata kunci yang ditargetkan dalam hasil pencarian sesungguhnya yang diinginkan (dican) oleh para pencari informasi produk di mesin pencari (search engine)

2) Optimalisasi Google Maps
Listing atau mendaftarkan bisnis anda di peta Google (https://maps.google.co.id)
me-rupakan salah satu strategi pemasaran e-Commerce yang paling penting. Listing ke dalam zona lokal membantu situs e-Commerce untuk mendapatkan visibilitas di awal database pencarian informasi yang berujung pada penghimpunan pelanggan lokal. Imbas dari visibilitas database informasi tersebut, maka Anda bisa mendapatkan prospek yang berkualitas dalam waktu singkat. Manfaat terbesar dari daftar peta di Google adalah Anda dapat memperolehnya secara gratis. Anda hanya perlu mengisi informasi yang diperlukan melalui proses verifikasi alamat, dan bisnis Anda akan masuk dalam peta Google dalam waktu kurang dari satu hari.

3) Kampanye Pay Per Click (PPC)
Setiap kali pengguna akan mengklik iklan Anda, mereka akan diarahkan ke situs Anda.
Meskipun membutuhkan sejumlah besar uang untuk mendapatkan lalu lintas dan prospek, tetapi uang yang anda belanjakan menjadi sangat bernilai dalam hal mengarahkan informasi pencarian yang ditargetkan dan akhirnya akan berujung dengan adanya penjualan produk anda dalam waktu yang relatif singkat.

4) Promosi di media sosial
Miliaran orang telah menggunakan platform media sosial seperti Twitter, Facebook dan media sosial sejenisnya untuk berinteraksi dengan satu sama lain.
Selama periode waktu tertentu, Anda akan mampu membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan pengikut Anda. Setelah memenangkan kepercayaan pengikut anda, merekomendasikan produk Anda kepada mereka. Demikian pula, menginformasikan secara teratur dan posting pesan Anda secara rutin pada halaman wall Facebook Anda Berinteraksi dengan pelanggan Anda dan mendapatkan umpan balik mereka tentang produk atau jasa. Dengan cara ini Anda pasti dapat mengarahkan lalu lintas bertarget besar untuk situs e-Commerce yang Anda kelola.

5) Penggunaan Blog Menulis dan blogging dengan kekhususan informasi anda adalah salah satu strategi pemasaran e-Commerce yang paling efektif yang akan menghasilkan banyak lalu lintas yang ditargetkan dan prospek yang berkualitas. Menulis di Blog secara teratur, dan menyediakan konten yang unik dan berguna untuk pembaca Anda. Jangan lupa untuk menyertakan link kembali ke website Anda dalam setiap artikel yang Anda tulis.
Semakin tinggi jumlah link kembali menunjuk ke situs Anda, semakin tinggi peringkat halaman situs Anda. 

6) Penggunaan Video Marketing
Langkah-langkah promosi e- Commerce Anda dalam informasi berbentuk video:
(1) Mendaftarkan alamat website e Commerce Anda ke situs seperti YouTube.
(2) Membuat video yang cocok yang menunjukkan produk dan jasa bisnis Anda.
(3)Posting video ini di YouTube dan situs serupa dengan link kembali ke situs Anda
 (4) Ambil dan abadkan video acara perusahaan Anda dan peluncuran produk baru yang ada di perusahaan Anda, mempublikasikan video tersebut di YouTube dan saluran video lainnya

Dalam strategi pemasaran ada 4 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam e-Commerce yaitu
a. Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan tahap kedewasaan dan tahap kemunduran 
b.Posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan e-Commerce
Strategi pemasaran harun disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usana, apakah min menjadi pemimpin menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar
c. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan ke depan apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau intan tinggi
d. Penggunaan media online
Dalam pemasaran melalui e-Commerce perlu mempertimbangkan Rahandalan berbagai media online dan cakupan aranya yang parlu dipertimbungkan demi meningkatkan daya saing dalam berbagai media yang memanfaatan jejaring online
Menggunakan Anliasi Pemasaran untuk Mempromosikan Situs E-Commerce
Afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online

No comments:

Post a Comment

Sejarah Afiliasi Pemasaran

Sejarah Afiliasi Awal Mula Afiliasi – Tahun 1994 Pada tahun 1994, CDNow merilis BuyWeb. Pada saat itu CDNow mengajak website lain untuk berg...